virus yang menguntungkan dan merugikan bagi kehidupan

Standar

Virus yang Menguntungkan
Nah ingat ngga dulu pada saat kamu masih balita pernah menerima suntikan vaksin? Ada macam-macam vaksin kan yang pernah disuntikkan ke tubuh kamu, dan itu sangat berguna loh.
Virus dapat dimanfaatkan dalam bidang rekayasa genetika maupun penelitian di bidang kedokteran. Dan beberapa contoh di antaranya sebagai berikut.
1) Virus yang digunakan untuk memproduksi interferon. Interferon merupakan protein kecil yang dihasilakn oleh sel normal sebagai respon terhadap infeksi virus. Interferon berfungsi untuk mencegah replikasi virus di dalam sel hospes.
2) Profage dapat digunakan untuk mengubah fenotip bakteri sehingga bermanfaat dalam bidang kedokteran. Caranya, asam nukleat virus digabungkan dengan gen manusia yang bersifat menguntungkan. Kemudian secara lisogenik gen tadi digabungkan dengan sama nukleat bakteri. Apabila bakteri membelah diri, berarti setiap anakan bakteri mengandung gen manusia yang dapat memproduksi zat-zat yang menguntungkan.
3) Virus digunakan untuk pembuatan vaksin. Vaksin adalah mikroorganisme patogen yang telah dilemahkan sehingga sifat patogenitas (penyebab penyakit)-nya hilang, tetapi antigenitas (penimbul antibody)-nya tetap.
Berikut contoh beberapa vaksin:
a) Vaksin Sabin dan Salk ynag mencegah poliomyelitis yang ditemukan oleh Jonas Salk.
b) Vaksin Pasteur untuk mencegah penyakit rabies.
c) Vaksin Jenner umtuk mencegah penyakit cacar yang ditemukan oleh Edward Jenner.
b. Virus yang Merugikan
Sebagian besar virus menyebabkan penyakit, baik pad tumnuh0tumbuhan, hewan, atau manusia karena sifatnya yang parasit obligat.
Beberapa penyakit pada tumbuhan yang disebabkan virus:
1) Mosaik (bercak-bercak kuning) pada daun tembakau. Bercak-bercak ini kemudian menggembung berwarna hijau sehingga menghambat pertumbuhan tembakau. Virus penyebabnya disebut Tobacco Mozaik Virus (TMV).
2) Daun menggulung, terjadi pada tanaman kapas dan lobak. Penyebabnya dalah virus TYMV.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s